RSS

Apa sih pentingnya pemanasan dan pendinginan?

Hayooo..
Sebelum dan sesudah olahraga kamu melakukan pemanasan dan pendinginan ga? Atau pemanasan dan pendinginan dilewati aja? Yah, sebagian dari kita beranggapan bahwa kedua hal ini ngga terlalu penting dan buang-buang waktu aja. Padahal, pemanasan dan pendinginan merupakan hal esensial yang harus kita lakukan sebelum dan sesudah kita berolahraga dan hanya butuh 5-10 menit aja lho. Pemanasan dan pendinginan yang benar akan membuat kita dapat berolahraga secara maksimal, memperkecil resiko cedera, dan menghindari rasa kaku dan ngilu setelah berolahraga. Kok bisa?

Pemanasan bukan hanya mengenai peregangan semata. Seharusnya sebuah pemanasan yang benar dilakukan secara perlahan dan dapat meningkatkan denyut jantung serta pernapasan kita secara bertahap. Pemanasan yang sempurna adalah suatu versi gerakan latihan dengan intensitas rendah dari latihan apa pun yang akan kita lakukan.
Contohnya, jika kita ingin berlari, mulailah dengan jalan kaki santai lalu dilanjutkan dengan meningkatkan ukuran intensitasnya. Jika kita ingin bersepeda jarak jauh, awali dengan mengayuh sepeda kita secara perlahan pada permukaan datar sebelum kita menaiki jalan yang mendaki dan mempercepat kecepatan kayuhan kita. Tujuannya adalah untuk melemaskan jaringan otot kita agar menghindari cedera dan kram.
Selain menghindari cedera dan kram, pelemasan otot juga bisa memudahkan serta melancarkan pergerakan tubuh. Olahraga melibatkan pergerakan otot, sendi, dan tulang dalam intensitas besar. Dengan pemanasan sebelum berolahraga maka darah yang kaya akan nutrisi dan oksigen akan mengalir ke otot sehingga otot siap bekerja berat.
Langkah selanjutnya, tutuplah sesi program latihan kita dengan pendinginan, yang merupakan konsep kebalikan dari pemanasan. Dalam sesi ini, secara perlahan kita ingin menurunkan denyut jantung dan pernapasan kita, serta intensitas dari latihan apa pun yang dipilih. Pendinginan berguna untuk membantu denyut jantung dan pernapasan secara bertahap kembali normal, mencegah pusing akibat menumpuknya darah di dalam otot-otot kaki jika aktivitas berat dihentikan secara tiba-tiba, mencegah rasa kaku dan ngilu akibat otot yang “dingin” secara tiba-tiba dan menyiapkan otot untuk sesi latihan berikutnya esok hari.
Jadi, jangan lupa ya untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah berolahraga. Supaya kita tidak cedera dan tidak “ngilu-ngilu” habis olahraga. :)

(sumber : www.preventionindonesia.com)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar