RSS

12 cara menurunkan berat badan tanpa diet

Malas diet dengan mengurangi porsi makan yang bikin kamu kelaparan setengah mati? Atau malas olahraga berat? Pengen menurunkan berat badan tanpa ribet? Coba cara-cara berikut ini, try your own ‘no diet’ diet.
1.       Atur lama kamu makan
Coba lihat lagi apakah kamu termasuk yang makannya lama atau cepat. Ternyata kalau kita makan lebih lama, kita cenderung akan makan dalam porsi yang lebih kecil, jarang nambah porsi, dan mendorong hormon tubuh yang memberi sinyal rasa kenyang ke otak. Kalau kamu termasuk yang makannya cepat, coba mulai perlambat dengan trik-trik berikut. Pertama, atur timer selama 20 menit saat kamu makan, sehingga porsi makanan kamu harus habis paling cepat selama 20 menit itu. Kedua, kunyah makanan kamu perlahan-lahan dan habiskan dulu makanan yang sedang kamu kunyak sebelum menyendokkan makanan lagi ke mulut.
2.       Tidur lebih lama
Menurut riset University of Michigan, tidur 1 jam lebih lama dapat menurunkan 7 kg setahun. Orang  yang sedang begadang biasanya cenderung lapar dan mencari cemilan di tengah malam. Jika hal ini digantikan dengan tidur lebih lama, maka akan mengurangi kalori yang masuk minimal sebanyak 6%. Kurang tidur justru akan menyebabkan nafsu makan yang lebih besar dan lapar terus menerus.
3.       Makan lebih banyak sayur dan buah
Makan sayur dan buah bisa jadi trik makan banyak tanpa merasa bersalah karena kandungan serat dan air dalam sayur dan buah sangat tinggi. Kalau bisa sih masak sayurnya tanpa banyak menambahkan minyak, mayones, atau jenis lemak lainnya.
4.       Makan/sajikan sup sebagai appetizer
Sup dengan kuah bening, misalnya sup sayuran, sup ikan, tom yam soup, dll, bisa jadi makanan pembuka yang akan memperlambat waktu makan dan membatasi nafsu makan kita, sehingga kita makan lebih sedikit. Hindari sup yang creamy karena mengandung banyak lemak dan kalori.
5.       Go whole grains!
Takut kelaparan karena mengurangi porsi makan kamu? Coba ganti karbohidrat yang biasa kamu makan (nasi, bubur, mie, roti tawar) dengan sumber karbohidrat yang masuk ke kategori whole grains (gandum, oat, beras merah, dll) dengan porsi yang sama. Whole grains bermanfaat karena mengandung lebih sedikit kalori dan membantu menurunkan kolesterol.
6.       Hang your skinny clothes
Gantung dress, jeans, atau baju favorit kamu yang ukurannya sedikit kekecilan di bagian kamar yang eyecatching. Jadikan item-item tersebut motivasi kamu supaya cepat kurus dan bisa memakainya dengan pas. 
7.       Ganti isi sandwich/burger dan topping pizza kamu
Kalau biasanya kamu memilih/membuat sandwich, burger atau pizza dengan banyak ham, pepperoni, dan keju, coba mula pilih sayur-sayuran seperti selada, tomat, paprika, dan sejenisnya, atau pilih keju rendah lemak. 
8.       Kurangi soda
Menggantikan 1 botol soda dengan air putih sama dengan mengurangi konsumsi 10 sendok teh gula! Kalau bosan minum air putih, sekali-kali bisa mencoba jus buah tanpa tambahan gula/susu, lemon tea, peppermint tea, green tea, dsb. Smart trick : gunakan gelas dengan bentuk yang lebih tinggi dan langsing daripada gelas yang pendek dan lebar karena dapat memberi sugesti kalau kamu sudah minum lebih banyak. 
9.       Hindari alcohol
Alcohol mengandung kalori sebanyak 7 kkal per gram nya, lebih banyak daripada karbohidrat dan protein. Alcohol juga memancing keinginan untuk dikonsumsi sambil ngemil.
10.   Yoga
Studi menunjukkan kalau yoga bisa menumbuhkan kesadaran diri sehingga terhindar dari over-eating. Mereka yang suka yoga biasanya cenderung memilih menu dengan ukuran lebih kecil di restoran tetapi tetap merasa kenyang.
11.   Makan di rumah
Selain lebih hemat di kantong, makan di rumah juga ternyata bisa mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh karena biasanya menggunakan lebih sedikit minyak, penyedap rasa, dan bahan-bahan makanan yang kurang fresh. Apalagi kalau kita memasak sendiri, karena memasak akan membakar kalori sekitar 120 kalori selama 1 jam. Smart trick : gunakan piring atau mangkok yang lebih kecil sehingga makanan akan terlihat lebih banyak. 
12.   Bakar kalori tanpa merasa berolahraga
Kegiatan-kegiatan seperti berjalan, membersihkan kebun, jogging, membersihkan rumah selama 20 menit bisa membakar kalori sekitar 100 kalori. Kalau dilakukan setiap hari, maka akan menurunkan 5 kg selama setahun tanpa diet.

Yang penting sih pas menjalankan cara-cara tersebut tanpa ada perasaan tertekan dan dibawa fun aja. Kalau ternyata berat badan kalian udah turun, coba apresiasi diri sendiri dengan manicure pedicure atau beli barang yang selama ini kamu idam-idamkan :)


(sumber : www.webmd.com)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Poskan Komentar