RSS

Tetap sehat walau kurang tidur

Tidur punya peranan yang besar terhadap kesehatan. Aktivitas apa lagi sih yang bisa kasih kamu kesempatan buat mengisi kembali energi dan mengosongkan pikiran sejenak. Harusnya sih setiap hari kita tidur cukup, 6-8 jam sehari. Tapi kadang-kadang ada aja kan yang buat kita jadi kurang tidur, misalnya banyak tugas, perjalanan jauh, banyak pikiran, dsb. Biasanya kalau kita kurang tidur, gejala yang biasa muncul adalah cape, lemas, moody, susah konsentrasi, dan jadi mudah sakit. Nah, kalau kamu terpaksa kurang tidur, yang harus dilakukan adalah meningkatkan kualitas tidur kamu. 

Tips-tips berikut bisa jadi trik ampuh buat ningkatin kualitas tidur dengan kuantitas yang sedikit.
1.      Tidurlah sebentar di sela-sela kegiatan. Coba tidur selama 15 menit di sela-sela kegiatan bisa mengisi kembali energi buat beraktivitas kembali selama beberapa jam sesudahnya.
2.      Berolahraga setiap hari. Dengan rutin jogging atau bersepeda selama 30 menit setiap hari, akan mempermudah kamu untuk tidur saat waktunya tidur. Ini bisa jadi trik ampuh buat kalian yang punya gangguan insomnia.
3.      Hindari makan sebelum tidur. Pastikan kamu ngemil atau makan paling telat 2 jam sebelum tidur. Hal ini penting untuk menjamin kondisi tubuh dalam kondisi siap tidur dan tidak sedang mencerna.
4.      Minum stimulant, seperti kopi dan soda, minimal 6 jam sebelum tidur. Meskipun kamu termasuk yang merasa kafein nggak membantu kamu terjaga, kafein juga bisa mengganggu kualitas tidur kamu.
5.      Rilekslah sebelum waktu tidur. Matikan komputer dan TV 1 jam sebelum tidur. Melihat layar komputer atau TV sebelum tidur dapat menstimulasi otak seakan-akan saat itu masih saat kamu seharusnya terjaga. Nyalakan lampu tidur, baca buku, atau mandi air hangat sebelum tidur bisa membantu menenangkan pikiran dan membuat badan terasa lebih rileks.


(sumber : www.livestrong.com)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

Arriman mengatakan...

hmm... ini salah 1 artikel yang paling menarik buat saya, mengingat saya sering ketiduran waktu kuliah. hahahahahaha.

cuman saya penasaran deh sama yang tidur 15 menit itu. ini buat di masa kuliah sih... kadang kalo dipaksain 15 menit doang yang ada malah bangun2 pusing, ato lebih parah, malah kebablasan dan bangun kesiangan deh. karena itu sering banget maksain ga tidur sampai jam tertentu (jadi curhat nih...)

mungkin bisa diatasi dengan jogging itu. memang butuh pembiasaan dan (terutama) niat sih. tapi itu saran yang sangat2 baik. mudah2an bisa saya terapkan saat kuliah lagi, hehe. (dan mudah2an ada waktunya juga...)

Posting Komentar