RSS

8 jenis makanan sehat di bawah Rp 8ribu

Harga barang-barang kebutuhan lagi melonjak naik nih, begitu juga harga makanan. Tapi kamu jangan takut, ga berarti kalau harga-harga pada naik, kamu ga bisa makan makanan sehat. Masih banyak jenis makanan yang murah dan juga baik untuk kesehatan.  Berikut ini daftar jenis makanan yang bisa kamu dapatkan di supermarket, toko sayur-mayur dan buah-buahan atau pasar dengan harga di bawah Rp 8ribu.
Apel
Apel merupakan buah yang baik untuk selingan dan pengganjal perut. Dalam satu buah apel, terkandung 117 kalori, 5 gram serat, 17% asupan harian vitamin C, dan 7% asupan harian kalium. Harga apel yang besar per buah (beratnya sekitar setengah kilo)  sekitar Rp 5ribu.
Pisang
Pisang merupakan buah yang sangat cocok untuk snack, salad buah, dimakan bersama yogurt, dan smoothies. Per satuan buah pisang, terkandung 121 kalori, 3,5 gram serat, 14% asupan harian kalium, dan 20% asupan harian vitamin C. Harga buah pisang pun sangat murah, sekitar Rp 4ribu per kilo untuk pisang lokal dan Rp 8ribu per ½ kilo untuk pisang import.
Wortel
Wortel bukan cuma terkenal sebagai makanan kelinci, wortel juga terkenal murah dan sehat. Wortel dapat direbus, ditumis, dibuat sop, dijus, dan sebagainya. Per 16 ons wortel, terkandung 27 kalori, 2 gram serat, 200% asupan harian vitamin A, dan 7% asupan harian vitamin C. harga wortel per kilonya hanya Rp 7ribu dan juga terdapat beragam jenis wortel, dari yang lokal, impor, hingga organik.
Buncis
Salad, sayuran tumis, sop, dan banyak jenis menu lainnya dapat dibuat dari buncis. Dalam buncis (15 ons), terkandung 120 kalori, 7 gram protein, 6 gram serat, 6% asupan harian kalsium, dan 10% asupan harian zat besi. Harga buncis pun sangat bersahabat, yaitu sekitar Rp 3ribu untuk ¼ kilogram.
Tomat
Tomat merupakan jenis sayur yang sangat banyak cara pengolahannya, dari dipanggang, sebagai teman daging BBQ hingga sambal, dan jus. Dalam tomat (14,5 ons) terkandung nutrisi sebanyak 25 kalori,  1 gram serat, 10% asupan harian vitamin A, dan 15% asupan harian vitamin C. Harga tomat per kilonya hanya Rp 4ribu.
Jeruk
Jeruk merupakan buah yang sangat mudah ditemukan. Jeruk sangat gampang diolah, yaitu menjadi jus, salad buah atau dapat juga dimakan begitu saja. Dalam satu buah jeruk yang besar (8 ons), terkandung 106 kalori, 5,5 gram serat, 10% asupan harian vitamin A, 200% asupan harian vitamin C, 17% asupan harian folat, 9% asupan harian kalsium, dan 12% kalium. Harga jeruk per kilonya dapat dibeli dengan Rp 8ribu saja.
Buah pir
Buah pir merupakan buah segar yang cocok untuk selingan dan juga ditambahkan dalam sop buah. Terdapat beragam jenis buah pir di pasar, dengan bentuk dan warna kulit buah yang beragam. Satu buah pir besar mengandung 133 kalori, 7 gram serat, 16% asupan harian vitamin C, dan 8% kalium. Harga per buah pir besar (setengah kilo) sekitar Rp 6ribu.
Yogurt
Yogurt sangat cocok untuk dibuat sebagai smoothies, pelengkap buah atau dimakan begitu saja juga sudah enak. Nutrisi yang terkandung dalam yogurt begitu kaya, yaitu per 8 ons yogurt terkandung 130 kalori, 13 gram protein, 45% dari asupan harian kalsium, dan juga acidophilus dan bifidus, yang merupakan kultur hidup. Harga yogurt per kotak (sekitar 8 ons) Rp 4ribu dan juga sering terdapat jenis yogurt yang beragam, seperti yogurt dengan potongan buah, yang harganya tidak jauh berbeda.

Nah, lumayan juga kan makanan-makanan murahnya, ayo silakan dicoba. Ohya, jangan lupa, harga dan jenis makanan tersebut berbeda untuk tiap-tiap tempat. :) 



(sumber : www.webmd.com)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar