RSS

Sarapan itu penting loh!

Banyak orang ga sarapan karena berbagai alasan. Contohnya : ga sempet, lagi diet, ga bisa makan pagi-pagi, dan lain-lain. Padahal, sarapan yang bergizi sangatlah penting bagi kesehatan kita.
Kalo ada yang bilang ga sarapan karena lagi diet dan pengen ngurangin kalori. Eits, jangan salah, orang yang sarapan secara teratur mengonsumsi kalori dalam jumlah yang sama kok dibandingkan dengan orang yang ga sarapan. Soalnya, orang yang ga sarapan mengganti kalori tersebut dengan makan lebih banyak pas siang atau malam hari.
Penelitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts Medical School menunjukkan kalau orang-orang yang ga sarapan memiliki kecenderungan 4,5 kali lebih besar mengalami obesitas dibandingkan dengan orang yang sarapan secara teratur.
Sarapan sehat yang teratur juga berdampak pada penurunan kadar kolesterol, penurunan risiko diabetes dan penyakit jantung, peningkatan daya ingat, meminimalisir kecenderungan mengemil dan makan berlebihan, peningkatan konsumsi zat gizi yang jarang dicukupi dengan makan siang atau makan malam, serta peningkatan performa kerja pada anak-anak dan kaum muda. Sarapan juga merupakan kesempatan yang paling baik untuk memenuhi kebutuhan lima porsi buah dan sayuran serta tiga porsi whole grains atau biji-bijian utuh untuk memenuhi kebutuhan serat serta vitamin.
Biar lebih ada manfaat kesehatannya, pilihlah sarapan yang mengandung banyak manfaat seperti sereal yang kaya serat, susu rendah lemak untuk asupan kalsium dan vitamin D, jus buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin mineral atau roti gandum yang punya indeks glikemik (GI) rendah.
Makanan bersantan, makanan yang digoreng, dan mengandung banyak lemak seperti donat, croissant, waffle, dan french fries sebaiknya dihindari. Supaya sarapan nggak kerasa monoton, be creative, combine them. Misalnya, sereal oat dapat dimakan bersama buah-buahan dan yoghurt. Atau roti gandum dengan selai bebas gula dan juga segelas susu rendah lemak. Sumber protein selain dari susu juga bisa Anda dapatkan dari menu daging ayam rebus tanpa kulit dan juga telur. Jadi, mulailah selalu hari kami dengan sarapan yang tepat dan sehat!

(sumber : www.tropicanaslim.com)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

Anonim mengatakan...

wahh.. artikelnya byk kasi contoh jd ga cuma sekedar cerita.. ada yg bilang kalo sarapan juga bisa bikin awet muda, soalnya badan fit dari pagi ^^

Posting Komentar