RSS

Perhatikan postur tubuh kamu ya!

Postur tubuh adalah posisi tubuh kamu dalam melakukan berbagai aktivitas dengan bergerak ataupun diam. Posisi dan gerakan tubuh yang nggak benar akan memperbesar risiko terkena cedera leher dan punggung. Biasanya postur tubuh dan gerakan tubuh yang salah disebabkan karena kebiasaan yang buruk dan nggak dibetulin, bisa juga karena stress, obesitas, kehamilan, otot yang lemah, atau sering memakai sepatu berhak tinggi. Sebaiknya kita menjaga postur tubuh yang baik sepanjang hari.
Berdiri
Waktu berdiri, berat badan seharusnya bertumpu pada bagian depan kaki dengan lutut sedikit menekuk. Kaki dibuka selebar bahu. Lengan dibiarkan menggantung di samping tubuh dan perut agak ditarik ke dalam. Kedua daun telinga sejajar dengan bahu. Kalau kamu berdiri untuk waktu yang lumayan lama, pindahkan tumpuan berat badan dari bagian depan kaki ke tumit, atau dari kaki kiri ke kaki kanan.

Duduk
Duduklah dengan telapak kaki menempel rata di atas lantai, hindari menyilangkan kedua kaki waktu duduk. Beri sedikit jarak antara bagian belakan lutut dengan kursi. Lutut juga sebaiknya sejajar atau di bawah pinggul. Bagian pinggang sampai tulang belikat harus ter-support dengan baik. Kalau sandaran kursinya dirasa terlalu jauh di belakang punggung, letakkan bantal di antaranya. Bahu dibiarin rileks dan lengan bawah sejajar dengan permukaan lantai. Kalo bisa jangan kelamaan duduk ya, sesekali lakukan stretching atau jalan sebentar.

Berbaring
Waktu tidur atau berbaring, berbaringlah terlentang atau menyandar pada salah satu sisi tubuh. Tidur tengkurap bisa menyebabkan cedera leher atau pinggang. Terus kalo udah kebiasaan gimana? Coba selotip bola pingpong ke perut kamu sebelum tidur, jadi kalo pas tidur ga sengaja tengkurap, kamu bisa langsung bangun dan ganti posisi. Kalau kamu tidurnya berbaring pada salah satu sisi, selipkan guling atau bantal di antara lutut supaya pinggul kamu ga terlalu ketekan. Nah, kalo kamu tidur terlentang, bantalnya justru ditaruh di bagian belakang lutut, supaya otot pinggang bisa lebih rileks. Bentuk bantal juga harus dipilih yang ergonomis dan nyaman buat leher dan kepala kamu yaa.
Nggak ada kata terlambat buat memperbaiki postur tubuh kamu. 
Kalo diubah pelan-pelan, sendi-sendi di tubuh kamu juga akan menyesuaikan dan rasa sakit atau pegal-pegal yang suka timbul waktu postur tubuh kamu salah perlahan-lahan akan hilang.
(sumber : www.livestrong.com)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar