RSS

8 Hal yang bisa buat diet kamu gagal

Sudah nahan lapar seharian, ikut kelas senam seharian, nggak makan malam, tapi berat badan tetap aja nggak mau turun. Apakah cerita tersebut familiar buat kamu? Pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa bisa gitu?
Do you know
Diet bukan semata-mata masalah fisik lho. Diet juga melibatkan faktor emosionalKalo diet kamu gagal terus, mungkin kamu dengan atau tanpa sadar telah melakukan hal-hal berikut.
1.        Are you an emotional eaters?
Seperti yang udah pernah kita bahas di twitter, emotional eaters melampiaskan perasaan-perasaan karena masalah yang dimiliki pada makanan. Ketika mereka merasakan emosi-emosi negatif, seperti depresi, marah, nggak diperhatiin, bosan, dan sebagainya, mereka langsung cari makanan, terutama junk food untuk mencari rasa nyaman.

Buteating food doesn’t solve your problem! In fact, malah nambahin masalah, dengan tumpukan lemak yang nggak sehat dan susah dihilangkan. So, how do we stop it? It’s easy.
1.  When you start to crave for food, ask yourself: “Apakah aku benar-benar lapar?”, ”Seberapa laparkah saya?”. Jadi kita bisa ngecek apakah kita benar-benar lapar, atau hanya sebatas emosi saja.
2.    Hindari godaan! Jangan sengaja menggoda diri Anda sendiri dengan menyimpan makanan yang biasa kamu makan untuk memperbaiki mood kamu. Akan sulit bagi kamu untuk menolaknya. Jika sedang bad mood, tunda dulu keinginan kamu untuk shopping.
3.     Distract yourself! Window shopping, bermain dengan hewan peliharaan kamu, membaca, atau chatting. Pick what you like. Masih ingin mengunyah? Wajar kok siasati dengan permen karet bebas gula!
 
2.        Are you starving yourself?
Calories in less than calories out adalah kunci penurunan berat badan. Tetapi, jika Anda memotong terlalu banyak kalori dari makanan Anda, Anda akan merasa lemas dan tidak berenergi, yang akan berujung pada konsumsi makanan yang berlebih pada kesempatan makan berikutnya.

3.        Is breakfast is on your BIG-NO list?
 Kalau kamu tidak makan pagi, kamu akan kelaparan lebih cepat, dan siap memberantas makanan saat lunch atau dinner. Penelitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts Medical School menunjukkan bahwa orang yang skip breakfast (are you one of them?) memiliki kecenderungan 4.5 x lebih besar mengalami obesitas dibandingkan dengan orang yang sarapan secara teratur. Penelitian lain yang melibatkan lebih dari 16.000 orang Amerika dewasa menunjukkan bahwa mereka yang rutin melakukan sarapan, memiliki berat badan yang lebih ideal dibandingkan dengan mereka yang melewatkan waktu sarapan.

4.        Do you keep a food diary?
       Bagaimana kamu bisa yakin kalau kamu telah menjalankan diet Anda dengan baik? Food diary membantu kamu stay on the track. Catatlah konsumsi makanan kamu di food diary dengan jujur, setidaknya dalam 10 hari untuk membantu membentuk kebiasaan makan kamu.

5.        You won’t be JLo in a night!
       Set realistic target. Target yang tidak realistis hanya akan membuat kamu merasa menderita untuk memenuhinya, putus asa, dan akhirnya menyerah! Just a friendly reminderpenurunan berat badan yang sehat adalah 1-1,5 kg per minggu.

6.        Do you weigh yourself everyday?
      Berat badan harian umumnya naik turun. Menimbang tiap hari hanya akan membuat kamu cemas, atau mungkin kecewa saat berat badan sedang naik. Timbang berat badan kamu secara teratur seminggu sekali. Take notes and use it to help you adjust your diet and exercise plan.

7.        You’re not army anyway
       Jadi jangan melakukan olahraga lebih dari kapasitas proporsional fisik Anda. Olahraga berlebihan dapat menyebabkan kamu mengalami kelelahan yang sangat dan risiko cidera menjadi lebih besar. Tubuh kamu akan lemas, kamu mungkin akan jatuh sakit, dan diet kamu bisa gagal. Tetapkanlah waktu berolahraga secara teratur setiap minggu dan lakukan variasi olahraga agar Anda tidak bosan.

8.        Eating your favorite food is not a sin!
       Makan makanan favorit gak papa kok, asal nggak berlebihan. Simply keep an eye on the calorie and do it on moderationIni mencegah kamu craving for it later dan malah memakannya secara berlebihan



(sumber : www.wrp-diet.com)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar