RSS

No carbo = skinny?

Katanya karbohidrat bikin gendut? Jadi kalo gitu ga usah makan nasi ato sumber-sumber karbohidrat lainnya aja ya sekalian? Hmm... Baca dulu artikel berikut yuk.

Menghindari karbohidrat dalam diet, memang membuat berat badan kamu turun, namun ketika kamu berhenti dari program diet tersebut, kamu akan cenderung mengonsumsi karbohidrat secara berlebih. Penelitian menunjukkan bahwa semakin kamu menghindari karbohidrat, kamu akan semakin terpicu untuk mengonsumsi lebih.
Belum lagi ketika kamu stress, kamu pasti melarikan diri ke makanan dan mulai mengonsumsi kudapan seperti es krim, keripik kentang, kerupuk, kue, atau camilan yang lain. Secara tidak sadar, kamu sudah menumpuk kelebihan karbohidrat dan lemak dalam tubuh kamu.
Serotonin, Your Appetite Powerful Control in Brain!
Dalam otak kamu, banyak sekali sel syaraf dan senyawa yang membantu kamu untuk mengatur kehidupan. Salah satu nya adalah hormon serotonin. Serotonin merupakan salah satu hormon yang dibentuk di otak dan berfungsi untuk mengatur nafsu makan (appetite) dan mood  kamu. Bahan utama pembuatan serotonin di otak adalah asam amino tryptophan yang banyak terkandung dalam makanan sumber protein seperti telur, susu, ayam, daging, dan lainnya.
Sumber protein yang kamu makan mengandung banyak jenis asam amino. Semua asam amino ini akan saling berkompetisi untuk masuk ke otak. Sayangnya, tryptophan akan kalah bersaing dengan asam-asam amino yang lain dalam perjalanannya menuju ke otak. Asam amino tryptophan hanya akan tersimpan di dalam aliran darah, padahal serotonin akan terbentuk ketika asam amino tryptophan berada di otak.
Bagaimana cara agar asam amino tryprophan bisa masuk ke otak? Di sinilah karbohidrat berperan penting. Konsumsi karbohidrat akan menyebabkan produksi insulin dalam tubuh meningkat. Insulin akan membawa asam-asam amino saingan tryptophan masuk ke dalam organ-organ tubuh kamu, maka tryptophan pun akan menjadi lebih bebas masuk ke otak kamu.
Bayangkan, ketika kamu sedang belanja midnight sale di toko A dan semua saingan kamu pergi ke toko B, tentunya kamu akan lebih bebas belanja di toko A tersebut bukan? Hal yang sama terjadi pada asam amino tryptophan. Jika serotonin sudah terbentuk dalam jumlah cukup, maka nafsu makan kamu akan terkontrol dan mood kamu pun akan kembali happy! Otak kamu akan memerintahkan kamu untuk mengendalikan nafsu makan dan tidak ngemil secara berlebihan.
Yang penting adalah menjaga porsi karbohidrat kamu dalam menu makanan, dan memilih sumber karbohidrat kompleks yang mengandung lebih banyak serat.
(sumber : www.wrp-diet.com)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar