RSS

Various articles

NEW RESOLUTION: BETTER SHAPE

Diet tanpa olahraga bagaikan sayur tanpa garam, tentunya hasilnya pun tidak akan maksimal. Selain untuk membentuk tubuh menjadi lebih indah & kencang, olahraga juga sangat ampuh untuk membuang racun di dalam tubuh yang bila dibiarkan akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Anda ingin tahu jenis olahraga dengan hasil maksimal ??? Berikut adalah beberapa contoh olahraga pelibas kalori yang bisa anda coba…

1)  WONDEROUS YOGA
Sesuai dengan namanya berarti “Penyatuan dengan Alam”, yoga bertujuan untuk  membuat Anda memusatkan segala pikiran & mengontrol panca indera serta tubuh secara keseluruhan. Sebenarnya yoga adalah salah satu jenis pengobatan alternatif. Yoga sudah dimodifikasi menjadi olahraga meditasi untuk mengontrol emosi, refresh your mind, bahkan lose your weight !!!
Calories Burned : 120 kalori / 30 menit exercise. Faktanya, semakin bessar angka berat badan Anda, semakin banyak kalori yang terbuang dengan yoga! Let’s say, wanita dengan berat 60 kg akan membuang 300 kalori setiap 30 menit exercise. Jika berat anda bertambah 5 kg dari hitungan di atas, maka kalori yang terbuang akan bertambah 25 kg, dan seterusnya.


2)  GET SHAPE WITH PILATES
Pilates lebih memfokuskan pada pembentukan kelenturan tubuh, kekuatan, serta daya tahan tubuh Anda. Menurut pengakuan dari orang yang melakukan pilates secara teratur, postur tubuh mereka menjadi lebih baik & tidak rentan terhadap penyakit.
Olahraga ini menekankan 2 unsur penting, yaitu bagian otot inti & tulang belakang. Konsep great shape with great mind akan selalu terdoktrin dalam pikiran Anda selama sesi berlangsung. Salah satu metode Pilates yang direkomendasikan adalah push up on the ball… You should try this!!!
Calories Burned : 125 kalori / 30 menit, dengan asumsi berat badan 70 kg. Seperti halnya di kelas perkuliahan, kelas Pilates juga mempunyai tingkatan. Semakin tinggi tingkatan Anda, semakin banyak kalori yang akan terbakar.


3)  RPM (Revolutions Per Minute)
Fun group exercise with great music !!! Itulah kata-kata yang paling pas untuk mendeskripsikan kelas RPM. Selama kurang lebih 45 menit, sang instruktur  akan “membakar” Anda dengan cycling diiringi dengan tempo music yang penuh semangat! Tujuan utama dari kelas RPM ini adalah “kebugaran”. Menurut pengakuan para ahli, kelas RPM adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan Anda.
Calories Burned : 350 – 500 kalori / 45 menit. Semakin tinggi rate RPM Anda, maka akan semakin banyak kalori yang terbuang.

(Sumber: HERSMAGAZINE/ EDISI 23/VI)
--------------------------------------------------------------------------------

UCAPKAN SELAMAT TINGGAL PADA PEGAL – PEGAL !!!!


Olahraga memang merupakan salah satu cara paling efektif untuk membentuk tubuh yang sehat & ideal. Namun, seringkali olahraga mengakibatkan efek pegal – pegal atau nyeri yang tak karuan dari kaki hingga pundak. Hal ini dapat disebabkan oleh pola hidup kita yang tidak sehat selama ini….
Yang menjadi pertanyaan adalah apakah hal ini wajar terjadi atau sebenarnya dapat dihindari?
Menurut Brian Jones, penulis The Conditioning Handbook : Getting in Top Shape, rasa sakit yang dialami saat berolahraga dapat saja dihindari. Penyembuhan dari rasa sakit setelah latihan adalah bagian penting dalam program fitness. Tetapi banyak orang mengabaikan hal ini. Banyak langkah-langkah sederhana untuk mengindari rasa sakit & pegal – pegal yang mendera tubuh kita….
Yukkkkk kita lihat tips & trik yang bisa menjadi guidance kita agar terhindar dari kesakitan luar biasa…….


1)  POLA MAKAN SEHAT
Jika anda memutuskan aktif berolahraga & memiliki hidup sehat, jangan lupa untuk memperhatikan makanan yang kita konsumsi.. Selesai berolahraga, kita harus mengembalikan kesehatan otot-otot yang sudah dipakai.. Tujuannya agar otot tetap dapat menerima latihan berikutnya. Oleh karena itu, tubuh memerlukan makanan yang sehat & bernutrisi…
Apa saja ya yang harus kita perhatikan ????
  • EAT RIGHT FEEL RIGHT

Karbohidrat merupakan zat terpenting yang dibutuhkan oleh tubuh kita sebelum maupun seusai olahraga. Karbohidrat adalah pentumbang energy terbesar dalam tubuh kita. Kita disarankan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung nutrisi utama (karbohidrat, lemak & protein) seusai berlatih. Makanan akan diubah menjadi glikogen yang dibutuhkan oleh tubuh kita & untuk mengisi kembali otot-otot kita.
  • PERFECT TIME TO EAT
Satu jam setelah latihan merupakan waktu yang paling tepat bagi otot-otot kita untuk menerima glikogen. Minuman yang tinggi karbohidrat & banyak mengandung potassium & vitamin seperti jus buah-buahan sangat penting untuk meningkatkan energy. Cairan yang terkandung dalam jus mencegah anda terhindar dari dehidrasi. Jangan menolak memasukkan karbohidrat setelah berlatih karena akan menyebabkan tubuh kita merasa lelah.
  • HOW MUCH DO WE HAVE TO EAT ?
2 jam setelah melakukan latihan berat seperti angkat beban, treadmill & sebagainya, disarankan untuk mengkosumsi minimal 50 – 100 gram (200 – 400 kalori) karbohidrat. Berikut ini adalah contoh makanan 50–100 gram karbohidrat:
  -  2 cangkir sereal + 1 cangkir susu skim
  -  16 ons jeruk dengan ½ roti bagel
  -  3 keping biscuit cracker tanpa rasa dengan 1 cangkir yoghurt buah
  -  1 buah pisang & 1 gelas jus cranberry

2)  PEREGANGAN

Melakukan peregangan sebelum berolahraga sangat penting dilakukan untuk menghindari cedera sewaktu berlatih. Namun, peregangan setelah berolahraga atau pendinginan juga tidak kalah pentingnya untuk membantu proses kesegaran otot setelah berlatih.
Selama berlatih, otot dalam keadaan kontraksi, apabila tiba-tiba latihan berhenti sementara otot belum dikembalikan ke posisi semula, otot akan menegang. Peregangan menjadi penting untuk menghindari kejang urat. Peregangan akan membantu mengembalikan otot menjadi rileks seperti semula & menghindarkan dari kelelahan.


3)  PEMIJATAN
Massage atau pemijatan merupakan salah satu cara yang efektif untuk menghindari kejang otot & rasa pegal seusai latihan. Selain bermanfaat sebagai relaksasi, pijat juga ampuh dalam proses penyembuhan tubuh yang sakit akibat terlalu lelah berolahraga, mengurangi & mencegah terjadinya luka, menurunkan tingkat stress & memperlancar sirkulasi darah, serta mencegah terjadinya penggumpalan urat tubuh.

4)  TERAPI ES
Para atlet professional diwajibkan untuk melakukan terapi relaksasi dengan berendam air dingin seusai bertanding atau melakukan latihan berat. Air dingin akan membantu mengurangi rasa sakit & bengkak akibat latihan berat.
Es memiliki fungsi untuk meredakan rasa sakit. Apabila tubuh dikejutkan oledh suhu rendah, aliran darah akan mengalir deras ke daerah pembengkakan.  Temperature air mandi yang rendah dapat membantu menghilangkan rasa sakit.
Anda juga dapat mengisi alat kompres dengan air dingin atau es & menempelkan pada bagian tubuh yang sakit atau lelah seusai berolahraga.

Jangan takut lagi dengan rasa pegal yang akan mengganggu anda seusai berolahraga…. Silahkan dicoba tips & trik di atas, dijamin anda akan ketagihan berolahraga…….
    
(Sumber : HERSMAGAZINE/ EDISI 20/VI)
------------------------------------------------------------------------------

PANTAU & KENDALIKAN PORSI MAKANAN ANDA !!!!


Selain pilihan menu yang tepat, porsi makan yang kita santap setiap hari juga sangat menentukan kondisi tubuh kita. Jocelyn White, seorang ahli nutrisi dari California mengatakan, “Perangkap overdosis makanan seringkali menjerat mereka yang tengah menjalani program diet. Anda tahu persis jenis makanan - makanan apa saja yang boleh disantap. Namun, karena dianggap boleh, tanpa sadar Anda pun melahapnya dalam porsi kelewat besar”. Padahal, kondisi kelebihan makanan bukan hanya ditujukan pada jenis makanan berlemak saja, namun juga jenis makanan yang menyehatkan juga bisa mengakibatkan bobot tubuh Anda melambung tinggi. Agar tidak sampai terjerat perangkap overdosis makanan, coba ikuti panduan menarik berikut ini :


      1)  SAYUR MAYUR
Sayur-sayuran kaya akan serat dan zat-zat gizi lainnya. Namun, penting sekali menyantap sayuran dengan jenis yang bervariasi, karena jika asupan makanan Anda itu-itu saja setiap hari, maka dapat mengakibatkan Anda malah kekurangan sejumlah zat gizi tertentu. Jadi, makin banyak warna di dalam piring Anda, akan semakin baik.
Satu sajian sayuran setara dengan ½ cangkir brokoli, ½ cangkir wortel atau ½ cangkir jagung manis. Jika Anda memang pecinta sayuran, Anda bebas menambahkan jumlah sayuran di dalam piring. Khusus untuk sayuran, tidak ada kata “OVERDOSIS”.
Kentang adalah sumber makanan yang bergizi & digolongkan ke dalam kelompok sayur-sayuran. Kentang kaya akan karbohidrat, tetapi jangan sampai menyantapnya dalam jumlah yang besar. Satu porsi kentang setara dengan sebutir kentang berukuran sedang. Anda boleh menyantapnya setelah dipanggang, dikukus & dipanaskan dalam microwave.
Sebaiknya kentang disantap dengan kulitnya karena disanalah terkandung banyak serat. Hindari menyantap kentang dengan mentega, krim atau mengudapnya dalam bentuk irisan keripik kentang goring, karena akan menambah lemak & kalori ekstra ke dalam tubuh.
2)  COKELAT
Menurut California Australian Dietary Guidelines, cokelat tergolong ke dalam kelompok makanan ekstra, sehingga tidak mutlak diperlukan oleh tubuh agar tetap sehat. Menurut White, 50 gram cokelat atau kira-kira separuh batang cokelat, setara dengan satu kali penyajian. Pilihlah jenis dark chocolate yang mengandung setidaknya 70% cokelat. Jangan pilih cokelat yang sudah banyak dicampur pemanis dari susu.
3)  BUAH – BUAHAN
Konsumsi buah-buahan dalam sehari tidak perlu dibatasi, bahkan kalau bisa sesering mungkin. Buah-buahan banyak mengandung vitamin, serat, serta antioksidan yang diperlukan tubuh. Buah sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.
Berhubung jenis, bentuk, serta ukuran buah-buahan amat beragam, tak mengherankan jika banyak orang bingung sebanyak apa mesti menyantap buah-buahan. Berikut adalah rumus untuk satu kali penyajian: 1 buah apel = 1 buah jeruk = 8 buah strawberry = 20 butir anggur atau ceri = 1 potong pepaya diiris memanjang setebal 5 cm = 1 buah pisang ambon = 1 buah mangga = 1 buah alpukat = 1.5 sendok makan kismis = 1 cangkir buah kalengan (tanpa kuah).

4)   KEJU
Keju kaya akan kalsium & merupakan sumber protein yang sangat baik. Tetapi Anda perlu berhati-hati dalam menyantap keju, karena kandungan asam lemak trans (trans fatty acid) di dalamnya merupakan zat berbahaya yang dapat menyebabkan penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah, sehingga bisa meningkatkan resiko terserang stroke. Kalau bisa, pilih jenis keju putih, seperti keju fetta atau ricotta yang lebih rendah lemak. Jumlah 1 kali penyajian keju yang masih terbilang aman adalah kira-kira sebanyak 40 gram.
5)  KACANG-KACANGAN
Kacang-kacangan adalah gudangnya protein, serat, asam lemak tak jenuh, serta asam lemak Omega-9 yang berguna untuk memerangi asam lemak trans. Meskipun bergizi, Anda tetap harus berhati-hati dalam menyantapnya. Hindari menyantap kacang yang dimasak dengan cara digoreng. Kacang goreng mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang sulit diproses dalam tubuh dan mendatangkan sejumlah penyakit.
Dua butir kacang mete atau almond mengandung 1 gram lemak. Bayangkan, berapa gram lemak yang akan masuk ke dalam tubuh apabila Anda menyantap setoples kacang? Apabila Anda sedang menjalani program diet, Anda hanya boleh menyantap 30 – 40 gram lemak per hari.
6)  DAGING, IKAN, UNGGAS
Menurut California Dietary Guidelines, setiap hari paling tidak Anda membutuhkan asupan protein dari satu kali penyajian daging, ikan, atau unggas. Pilihlah daging putih ketimbang daging merah. Terlalu banyak mengonsumsi daging merah akan mengakibatkan penumpukan zat sisa nitrosamine yang bersifat karsinogenik (memicu kanker), selain itu kandungan kolesterolnya juga tinggi.
Untuk mencukupi kebutuhan protein harian, Anda bisa mengonsumsi 100 gram daging ayam, atau 2 genggam daging ayam cincang, atau 2 potong kecil daging tanpa lemak atau 120 gram ikan atau 2 butir telur berukuran kecil. Bagi Anda para vegetarian, sumber protein alternatif bisa diperoleh dari beraneka jenis kacang-kacangan, kira-kira sejumlah 1/3 cangkir kacang polong.

(Sumber:  HERSMAGEZINES/ EDISI 23 DESEMBER 2009)


By : Rosita Tjong

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

13 comments:

herpurnafutaqi mengatakan...

saran-sarannya bermanfaat dan mudah diaplikasikan
terima kasih teman-teman edamame

Anonim mengatakan...

mau nanya dong, kalo yg terapi es itu, bukannya malah biasanya kata orang tua gt, pegel2 rendam di air anget ya bukan air es?
_Abineri_

Anonim mengatakan...

wa denger kalo kelebihan makan sayur ada efek ga bagus nya juga ya? kayak katanya makan brokoli kebanyakan, darahnya bisa kekentalan. apa gitu ya? hehehe
eh, tapi hebat euy, rajin baca majalah ya si penulis, sampe ngpost tiga gini heheh

Anonim mengatakan...

makasi tips"nya... sangat bermanfaat sekalii ^^

Anonim mengatakan...

selalu memberikan informasi-informasi mengenai pola hidup sehat yang simple dan up to date sehingga sangat menyenangkan untuk diaplikasikan dan pastinya sangat bermanfaat.

semangat ya teman2 edamame.. :D

marioh

Ivan Hadinata Rimbualam mengatakan...

Thanks ya saran-sarannya. Sangat berguna bagi saya terutama tips mengurangi pegal-pegal dalam kebiasaan sehari-hari. Ya, harus makan dengan pola yang sehat.

Semoga blognya terus menjadi inspirasi akan gaya hidup yang sehat :) Amin!

Anonim mengatakan...

waw ternyata ada tips2nya buat ngurangin pegal2 gara2 olah raga .. dikira cuma bisa pasrah pake salep pegel linu doang , hehe thx yaa edamame , bner2 nambah wawasan .. =)

Ivan Hadinata Rimbualam mengatakan...

Thanks ya saran-sarannya. Sangat berguna bagi saya terutama tips
mengurangi pegal-pegal dalam kebiasaan sehari-hari. Ya, harus makan
dengan pola yang sehat.

Semoga blognya terus menjadi inspirasi akan gaya hidup yang sehat :)
Amin!

Ivan Hadinata Rimbualam mengatakan...

Thanks ya saran-sarannya. Sangat berguna bagi saya terutama tips
mengurangi pegal-pegal dalam kebiasaan sehari-hari. Ya, harus makan
dengan pola yang sehat.

Semoga blognya terus menjadi inspirasi akan gaya hidup yang sehat :)
Amin!

Ivan Hadinata Rimbualam mengatakan...

Thanks ya saran-sarannya. Sangat berguna bagi saya terutama tips
mengurangi pegal-pegal dalam kebiasaan sehari-hari. Ya, harus makan
dengan pola yang sehat.

Semoga blognya terus menjadi inspirasi akan gaya hidup yang sehat :)
Amin!

Anonim mengatakan...

Thanks ya saran-sarannya. Sangat berguna bagi saya terutama tips
mengurangi pegal-pegal dalam kebiasaan sehari-hari. Ya, harus makan
dengan pola yang sehat.

Semoga blognya terus menjadi inspirasi akan gaya hidup yang sehat :)
Amin!

Primandaru Widjaya mengatakan...

Wah, artikelnya sangat bermanfaat.
Tapi mau bertanya, ada orang bilang kalau olahraga yang paling efektif untuk bakar lemak adalah berenang.

Seberapa efektifkah olahraga olahraga yang telah disebutkan di atas jika dibandingkan dengan berenang? terima kasih

Anonim mengatakan...

wah bagus sekali blog ini..
memotivasi saya untuk hidup sehat dan jadi kurus..
hahahah
mungkin post berikutnya akan lebih seru klo ada postingan tentang gerak2an senam dasar yang seru dan menyehatkan!
ditunggu terus post lainnya!
mari hidup sehat :D

Posting Komentar