RSS

Fitness mistake most women make


FITNESS MISTAKE MOST WOMEN MAKE
Olahraga bukan hanya perlu dilakukan dengan konsisten, tapi juga tidak boleh salah praktik dan aturan, agar hasilnya lebih cepat dan maksimal.


Selalu Memilih Latihan Intensitas Rendah
Alasannya: Latihan intensitas rendah asal durasinya panjang dapat membakar lebih banyak kalori.
Ini tidak benar. Menurut dr. Phaidon Lumban Toruan, M. M., kosultan kebugaran dari Indonesia Anti-aging Society, taihan intensitas tinggi membutuhkan banyak energi. Bahkan, banyaknya energi yang keluar tidak hanya terjadi saat olahraga saja, tetapi sesudah sesi latihan selesai. ‘Kerusakan’ otot yang lebih besar ketimbang intensitas ringan membuat tubuh harus berusaha keras untuk memperbaikkinya. Sehingga, kalori yang terbakar pun lebih banyak.

Takut Latihan Beban
Alasannya: Otot bisa membesar seperti atlet angkat besi
Ini adalah ketakutan yang kurang beralasan. Pasalnya, untuk memiliki otot besar lebih dari sekedar angkat beban. Hal tersebut juga ditentukan oleh pola makan dan hormon. Latihan beban justru bisa membuat tubuh kia jadi lebih ramping padat karena lemak akan berkurang dan otot makin besar.

Melupakan Pemanasan
Alasannya: Ingin cepat-cepat melakukan latihan utama dan menganggap cedera bisa dicegah dengan pendinginan (cooling down)


Berlatih Dengan Perut Kosong
Alasannya: Dapat membantu menurunkan berat badan
Makan dalam jumlah yang cukup satu atau dua jam sebelum latihan dapat menghindarkan kita dari nafsu makan berlebih sesudah latihan. Plus, makanan adalah sumber energi sehingga kita tidak adakan kehabisan renaga saat berlatih.

Terobsesi dengan sit-up
Alasannya: Supaya perut lebih cepat rata dan bebas lemak
Faktanya, untuk mendapatkan perut yang bebas lemak, tidak cukup melakukan sit-up saja. Kita juga harus bisa menyesuaikan kalori yang masuk dan kalori yang keluar. Kita juga perlu mengkombinasikannya dengan jenis latihan lain yang efektif membakar kaloru, misalnya, jogging atau kardio.

Menetapkan Target Berlebihan
Alasannya: Target tinggi akan membuat kita lebih semangat berlatih
Mungkin iya unutk sementara. Namun, dalam jangka panjang, target yang berlebihan dapat menyebabkan kita stress. Akhirnya kita jadi menyerah dan malas latihan karena tujuan yang diinginkan tidak tercapai. Sebab itu kita sebaikknya menetapkan target yang sesuai dengan kemampuan kita tanpa tergoda mendapatkan hasil instant dan tubuh seperi artis tertentu. Tak mungkin pula kita memiliki tubuh yang sama persis dengan orang lain.


Anti Minum Kopi Sebelum Latihan
Alasannya: Kopi bisa menyebabkan dehidrasi
Kabar baik bagi para pecinta kopi: Riset di Australian Institute of Sport membuktikan, kopi hitam dapat membantu performa latihan menjadi 3 kali lipat lebih baik asal tidak dikonsumsi berlebihan. Cukuo secangkir saja sebelum latihan. Sebaliknya apabila berlebihan bisa menyebabkan buag air kecil yang dianggap menyebabkan dehidrasi. Selain itu, jika ingin membakar banyak kalori, minumlah kopi tanpa gula. Jika ingin membakar energi dan memperpanjang durasi laithan, gunakan gula aren atau boleh ditambah dengan makan pisang.

TUBUH JUGA PERLU ISTIRAHAT
Ketika keinginan membentuk tubuh ideal sudah menggebu-gebu, timbul keinginan untuk bergerak setiap hari. Tujuh hari dalam seminggu, 2-3 jam dalam sehari. Olahraga berlebihan sama sekali tidak disarankan karena otot yang sudah lelah perlu waktu untuk pulih. Jika terus dipaksakan akan menimbulkan cidera. Ketika cidera kita jadi absen berolahraga dan target kita malah terkapar. JAdi ambil waktu 1-2 hari dalam seminggu untuk bersantai tanpa harus pergi ke gym. Sebab tubuh juga perlu istirahat.
(Disadur dari: PREVENTION Indonesia (Smart ways to live well) Maret 2011)





By : Monica Damayani Susilo

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

5 comments:

Anonim mengatakan...

superlah! gw baru tau loh ini..
-Sari-

Anonim mengatakan...

sebenernya intinya, asal jangan dilakukan berlebihan aja kann..
tapi bener juga yg dibilang dalam artikel ini.. membantu mengingatkan buat ga ekstrim dalam fitness.. buat yg versi cowo nya juga dong! hahahah hebat2..
-siska

Anonim mengatakan...

Setuju banget sama latihan beban rutin :D

Anonim mengatakan...

Waaa, oke nih buat cewe2 yang suka fitness hehehe.. makasih postnya, bermanfaat lhooo..
Joanna.

Ria Wulandari mengatakan...

wahhh jadi tau fakta-fakta yang bener.. boleh dicoba niih.. : )

Posting Komentar