RSS

Lari! lari! dan berlarilah dengan benar!

Ya, lari merupakan olahraga yang sangat murah dan mudah dilakukan. Yang kamu butuhkan hanyalah menemukan lintasan berupa jalanan yang panjang atau sebuah lapangan yang luas untuk melakukannya. Aktivitas ini biasanya terlihat di hari sabtu pagi atau minggu pagi. Seperti halnya di beberapa kota di Indonesia yang telah menerapkan program Car Free Day, biasanya ruas jalan tertentu di tutup khusus untuk aktivitas olahraga ataupun sekedar bersantai.
Lari memang sangat mudah, tetapi kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal sebelum maupun saat melakukannya. Berikut ini adalah 5 tips untuk mendapatkan hasil optimal dari olahraga lari:
Tip 1: Perhatikan Sikap Tubuh
Sikap bentuk tubuh yang benar saat berlari membuat kamu terhindar dari cedera dan membuat langkah kamu lebih efisien, antara lain:
  • Jangan berlari dengan posisi tubuh tegak
  • Saat berlari, tubuh kamu harus condong ke arah depan.
  • Jangan mendaratkan dengan tumit, tapi melangkah dengan telapak kaki.


Tip 2: Lakukan Pengujian Untuk Menemukan Sepatu Yang Ideal
Tinggi lengkungan kaki kamu tidak berpengaruh pada banyaknya langkah saat berlari. Pilihlah sepatu yang cocok dengan bentuk kaki kamu, lakukan beberapa pengujian untuk mendapatkan sepatu ideal. Hal ini akan membantu kenyamanan kamu saat berlari dan terhindar dari cedera.

Tip 3: Kombinasikan Latihan
Variasi dan kombinasi latihan lari sangat direkomendasikan untuk mengoptimalkan hasil latihan. Cobalah berlari dengan interval waktu dan kecepatan tertentu, contohnya:
  • Berlari cepat selama 5 menit, kemudian berlari lebih lambat.
  • Berlari lambat, kemudian percepat secara perlahan, dan lakukan sprint.
Tip 4: Tetap Kering
Saat berlari, kaki kamu akan berkeringat dan membuat sepatu basah. Sepatu yang basah akan kehilangan kemampuan untuk menahan kaki kamu, karena kondisi tersebut akan membuat sepatu mengendur. Jika kamu berlari setiap hari, maka kamu harus memiliki sepatu lari cadangan. Setelah berlari, keringkan sepatu yang kamu gunakan, dan gunakan sepatu cadangan untuk hari berikutnya.
Tip 5: Perhatikan Kondisi Sepatu
Jika sepatu kamu memiliki kerusakan pada beberapa bagian, seperti bantalan sepatu yang sudah terkikis dan permukaan yang bolong, maka ini saat yang tepat untuk membeli sepatu baru. Sekarang coba periksa sepatu kamu, apakah masih cukup baik untuk digunakan?

Tips Tambahan:
Dalam satu menit berlari, seseorang mampu mencapai 180 langkah. Mungkin akan terlihat aneh, tetapi Kamu akan mendapatkan manfaat yang besar. Periksa irama waktu kamu selama pemanasan untuk menghitung langkah. Hitung setiap langkah selama 10 detik. 180 langkah per menit setara dengan 30 langkah setiap 10 detiknya. Jika langkah kamu kurang dari 180, berarti ada yang salah dengan ritme langkah kamu, mungkin langkah terlalu panjang dan gerakan Kamu terlalu lambat. Langkah yang terlalu panjang menyebabkan hentakan pada kaki yang bisa menimbulkan cedera pada kaki. Maka persingkat langkah kamu agar latihan lari kamu lebih aman dan optimal. Rasakan setiap langkah kamu, atur ritmenya dengan baik. Selamat berlari! :)
(sumber : www.duniafitness.com)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar