RSS

10 Kesalahan yang sering terjadi saat angkat beban

Jika kamu sudah melakukan fitness dan merasa belum yakin pada gerakan kamu, coba cek tips dibawah ini. Apa aja 10 kesalahan yang sering terjadi dan dilakukan pada saat melakukan angkat beban.

Push Up
·         Kesalahan 1: Posisi tubuh melengkung
      Luruskan tubuh kamu agar gerakan push up lebih efektif mengenai otot dada kamu. Jika kamu belum yakin dapat melakukan dengan benar, maka lakukan push up lebih perlahan agar mudah mengontrol posisi tubuh kamu.
·         Kesalahan 2: Kurang rendah
      Turunkan tubuh kamu serendah mungkin hingga hampir menyentuh lantai. Dengan demikian otot dada kamu akan dapat terlatih lebih baik. Jika posisi tubuh kamu terus diatas dan hanya turun sedikit maka otot dada kamu tidak terlatih.
·         Kesalahan 3: Jarak antar telapak tangan sempit
      Semakin sempit jarak antar lengan kamu maka otot triceps yang akan lebih terlatih dibandingkan otot dada kamu. Perlebar hingga lebih lebar sedikit dibandingkan lebar bahu kamu.

Sit Up
·         Kesalahan 1: Menganggukkan kepala
      Sit up adalah untuk melatih otot perut, bukan leher. Karena itu tahan kepala kamu dengan menempelkan dagu pada dada agar setelah sit up bukan leher kamu yang malah sakit.
·         Kesalahan 2: Tangan dibelakang kepala
      Sebenarnya hal ini tidak masalah jika tangan kamu tetap dibelakang kepala dan tidak melakukan apa-apa. Tetapi seringkali tangan dibelakang kepala membuat kamu ingin membantu mendorong tubuh ke depan dengan cara tangan kamu mendorong kepala ke depan. Hal ini tidak benar karena sekali lagi, otot perut kamu yang seharusnya dilatih dan gerakan mendorong kepala dapat menyebabkan cedera otot leher.
Dumbbell/ Barbell Bentover Row
·         Kesalahan: Membungkuk
      Luruskan badan kamu saat condong ke depan agar otot punggung dapat terlatih dengan benar. Membungkukkan tubuh juga beresiko menyebabkan cedera.
Captain Chair
·         Kesalahan: Menekuk pinggul
     Otot perut kamu yang seharusnya ditekuk saat mengangkat kaki di Captain Chair. Sedangkan kesalahan yang sering terjadi adalah bagian pinggul bawah yang ditekuk sehingga seringkali yang terasa lelah lebih dulu malah pada bagian pangkal paha.

Bench Press
·         Kesalahan 1: Jarak antar telapak sempit
      Sama seperti push up, Bench Press dengan jarak antar telapak sempit berarti akan mengenai otot triceps kamu dibandingkan otot dada. Karena itu perlebar hingga sedikit lebih lebar dari bahu.
·         Kesalahan 2: Barbell kurang turun
      Jika kamu menggunakan barbell, turunkan hingga hampir menempel pada dada kamu. Jika kamu menurunkannya terlalu tinggi maka otot dada tidak dapat terlatih dengan baik.
·         Kesalahan 3: Membentur dada
      Ini adalah kebalikan dari kesalahan 2 dimana barbell dibenturkan ke dada, entah dengan keras atau perlahan tetap sangat tidak disarankan. Kamu dapat menggunakan handuk yang dilipat dan diletakkan diatas dada sebagai pembatas untuk menghindari benturan.
Nah, sekarang kamu sudah tahu, gimana cara ngelakui angkat beban yang benar. Jadi, pas latihan pastiin kamu benar nglakuinnya, supaya kamu dapet hasil maksimal dari latihan kamu dan ngga cedera.
Selamat berlatih! :)
(sumber : www.akubugar.com)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

tobz mengatakan...

wah, ini aku kalo situp masih kadang otot leher bermain loh.nice info ini...

Posting Komentar