RSS

Brain foods

Banyak banget isu-isu tentang makanan dan suplemen yang katanya bisa meningkatkan fokus, konsentrasi, menambah fungsi otak, dan lainnya. Tapi, apa benar mereka bekerja? Sebenarnya kita bisa menjaga kesehatan otak kita, dengan selalu menambahkan “smart food dalam pola makan kita. Nah, apa-apa aja sebenarnya makanan yang sehat untuk otak itu? Yuk, kita simak.

Oat/Oatmeal

Oat merupakan satu jenis sereal yang umum dikonsumsi dan sangat baik untuk otak. Oat menyediakan energi atau bahan bakar otak yang sangat diperlukan kita di pagi hari. Oat kaya serat, vitamin E, vitamin B, kalium dan seng. Komponen ini membantu memaksimalkan fungsi tubuh dan otak. 

Whole grain

Otak memerlukan asupan glukosa yang konstan, dan whole grain bisa menjadi sumber yang baik. Kandungan serat di dalamnya membantu mengatur pelepasan glukosa ke dalam tubuh. Whole grain juga kaya vitamin B, yang berfungsi menutrisi sistem saraf.

Sayuran hijau dan berwarna


Konsumsi sayuran hijau yang memiliki kandungan karotin, seperti kol, tiga kali sehari. Makanan ini bisa membantu tubuh untuk mengurangi kemunduran mental karena faktor usia. Selain itu, sayuran berwarna seperti tomat, ubi jalar, labu, wortel, bayam dan sayuran berwarna pekat lainnya merupakan sumber antioksidan terbaik. Antioksidan berfungsi menjaga sel-sel otak agar tetap kuat dan sehat. 

Telur
Makanan favorit saat sarapan ini, mengandung selenium, mineral yang membantu fungsi otak tetap terjaga dan awet muda. Telur juga tinggi protein dan rendah kalori. Telur berukuran cukup besar mengandung 75 kalori dan 5 gr lemak, serta penuh vitamin A, B, dan D. Kuning telur mengandung lecithin yang dianggap penting sebagai makanan otak, yang bersifat baik untuk daya ingat dan konsentrasi karena mengandung zat besi yang penting bagi fungsi otak.

Salmon
Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber yang kaya asam lemak omega-3 DHA dan EPA. Kedua komponen ini sangat penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak. Penelitian menemukan bahwa orang-orang yang lebih banyak mengonsumsi asam lemak ini (melalui diet) mempunyai otak yang lebih tajam. Selain itu mereka juga mempunyai performa lebih baik dalam tes keahlian mental.

Susu dan yogurt

Produk susu kaya protein dan vitamin B. Kedua komponen ini sangat penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim-enzim. Susu dan yogurt menyediakan protein dan karbohidrat, sumber energi yang sangat baik untuk otak.


Buah-buahan
Buah-buahan, terutama buah kiwi dan pisang memiliki nutrisi yang sangat baik untuk otak. Buah kiwi mengandung vitamin C sekitar dua kali lipat dibandingkan buah jeruk dan satu buah kiwi akan memberikan kebutuhan vitamin C harian bagi orang dewasa. Vitamin C penting untuk menyerap zat besi dari dalam makanan. Karena vitamin C tidak bisa disimpan dalam tubuh, maka kita perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari. Pisang adalah sumber karbohidrat dengan kandungan energi yang baik. Konsumsi satu buah pisang sebagai cemilan akan membantu kita untuk menjaga tingkat energi dan konsentrasi di sepanjang hari. 
Nah, ayo, jadi pintar mulai dari pilihan makanan mu :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 comments:

Arriman mengatakan...

Wah, nice! Untungnya sekarang udah lebih suka sama buah-buahan, hehe. Oya, sebenarnya saya penasaran. Sebenarnya oatmeal itu sama ga sih sama energen? mungkin ini pertanyaan yang aga bodoh, tapi saya bener2 penasaran. karena kalo emang beda, berarti saya blom pernah nyoba makan oatmeal dan pengen mulai mencoba

oya, kandungan glukosa roti dan nasi lebih banyak yang mana ya?

Yolanda Yasinta mengatakan...

good article! terutama utk jaman exam seperti sekarang.

btw, saran dong, kalau bisa masukin artikel cara menaikkan berat badan yang sehat! *atau kalau sudah ada maaf kan saya kurang teliti membacanya* :)

good blog juga! keep the good work!

cheers,
Yola

Anonim mengatakan...

mau nanya donk. biasa saya makan roti whole grain tapi agak seret (kering).
biasa seh diakali dengan dicelup susu tapi lama-lama bosen juga.
ada ide buat variasi ga biar ga terlalu seret?

Posting Komentar