RSS

Ga boleh bosen sama sayur!

Sayur sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Pastinya kamu setuju dong dengan pernyataan tersebut. Tapi untuk makan sayur terus, aduuh gimana ya…
Mengapa sayur jarang dipilih?
Makanan-makanan yang tinggi kalori atau tinggi gula, misalnya donat coklat atau ayam goreng, umumnya menjadi favorit kita karena memiliki rasa yang lebih enak; sementara makanan berkalori rendah, contohnya sayur, umumnya tidak disukai. Teringat betapa sulitnya mama kamu di rumah menyuruh kamu makan sayur? Sayur seringkali terasa pahit saat dimakan dan rasa sayur yang kurang enak inilah yang sering menjadi alasan mengapa sayur tidak disukai.
Sebenarnya, kurangnya kesukaan terhadap sayur ini bukannya tanpa alasan. Nenek moyang kita menolak rasa pahit sebagai bentuk perlindungan diri karena umumnya rasa pahit diasosiasikan dengan racun atau bahan berbahaya. Padahal, di masa sekarang ini, banyak juga bahan makanan yang rasanya kurang enak tetapi bermanfaat bagi kesehatan, termasuk sayur. Manfaat sayur untuk kesehatan bermacam-macam, di antaranya sebagai sumber pigmen klorofil dan serat yang baik.

Enjoy Veggie
Baru-baru ini, beberapa peneliti menemukan bahwa ada hubungan antara stres dan aktivitas yang kita sukai. Ternyata, ditemukan bahwa kegiatan atau aktivitas yang dilakukan dengan kesenangan (enjoyment), misalnya mengonsumsi makanan yang enak, dapat menurunkan efek negatif akibat stres. Jadi, untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik, konsumsilah sayur dalam suasana enjoyment dan jangan merasa “terpaksa”. Manfaat yang diberikan antara lain dengan cara menurunkan respon tubuh kita terhadap stres, misalnya menurunkan peningkatan tekanan darah dan denyut jantung, juga rasa gugup yang berlebihan.
Kalau kamu bukan pecinta sayur, coba simak tips berikut untuk membuat kamu lebih suka makan sayur:
  • Do a mix-and-match! Suka minum jus buah? Cobalah mengombinasikan buah dan sayur yang rasanya kurang enak dengan buah yang kamu sukai. Misalnya, brokoli dengan jus jeruk yang rasanya lebih segar.
  • Tambahkan mayonnaise atau salad dressing lainnya – versi rendah lemak – ke salad, untuk mendapatkan tambahan rasa yang lebih gurih dan creamy.
  • Omelet dengan tomat? Atau brokoli dalam makaroni keju? Ya! Kamu dapat menambahkan sayur yang kurang kamu sukai ke makanan favorit kamu, misalnya lasagna atau spaghetti. Potong-potong sayur menjadi potongan lebih kecil. The smaller you chop them, the less likely you are to notice they’re there.
  • Cobalah pesan pizza dengan topping berbagai sayuran. Tak kalah enak!
  • Try veggie dip! Berbagai variasi resep veggie dip yang nikmat mudah ditemukan di internet.
  • Let’s grill: veggie satay! Buatlah potongan paprika, jagung muda, jamur menjadi sate. Anda dapat menggunakan bumbu yang sama seperti jika kamu memasak sate daging.

Nah, ga boleh takut dan bosen lagi makan sayur ya :) Buat jadi dan tetap sehat, itu mudah kok!

(sumber : www.nutrisari.co.id)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar